Oleh: mtsbirrulrensing | 21 April 2011

INPASSING GURU BUKAN PNS DI MADRASAH DIMULAI TAHUN INI

Tsabiwa,21 April 2011

Istilah Inpassing selama ini hanya berlaku pada Pegawai Negeri Sipil, guru-guru Non PNS mungkin istilah ini agak asing, namun mulai tahun 2011 ini Pemerintah akan menerapkan system inpassing tersebut juga untuk Guru Bukan Non PNS (GBPNS) atau guru honorer  di seluruh Indonesia, pemerintah akan melakukan proses inpassing sehingga kedepan guru-guru honorer akan lebih sejahtera.

Inpassing GBPNS adalah proses penyetaraan jabatan dan kepangkatan Guru Bukan PNS dengan jabatan dan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil. Adapun tujuan Inpassing (Penetapan jabatan fungsional GBPNS dan angka kreditnya) dibutuhkan untuk : 1).menetapkan kesetaraan jabatan, pangkat/ golongan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku;, 2).tertib administrasi GBPNS; 3). memberikan tunjangan profesi, tunjangan khusus dll. (kesejahteraan).

Sosialiasisai mengenai Inpassing bagi Guru Bukan PNS sudah mulai disosialisasikan baik kepada Pengawas pendidikan maupun Kepala Madrasah.  Seperti yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, pada hari Rabu, 20 April 2011 kemarin bertempat di Aola Kantor Kemenag Lombok Timur, hadir ratusan kepala madrasah negeri maupun swasta untuk mengikuti sosialisai Inpassing GBPNS. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lombok Timur yang diwakili oleh kepala  Seksi Mapenda Drs, Saipun Nasri dalam penjelasannya mengatakan bahwa Pelaksanaan Inpassing bagi GBPNS ini merupakan implemntasi UU no  14 tahun 2005 tentang guru dan Dosen sesuai ketentuan Ps. 14 ayat (1) UU No.14/2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berhak memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial.                                 

Ketentuan Ps. 15 ayat (1) bahwa penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum meliputi gaji pokok, tunjangan yg melekat pd gaji, serta penghasilan lain berupa tunjangan profesi, tunjangan fungsional, tunjangan khusus dan maslahat tambahan yg terkait dgn tugasnya sbg guru yg ditetapkan dgn prinsip penghargaan atas dasar prestasi.

Oleh karena itu penyetaraan pangkat dan golongan hususnya di bawah naungan Kementerian Agama RI akan dimulai pendataan mulai tahun ini. “Insya Allah Awal Mei 2011 ini guru-guru sudah mulai mengurus berkas pendaftarannya” kata Saipun,. Dan proses ahirnya nanti bagi guru yang memeiliki data lengkap akan bisa menerima SK Inpassingnya ahir Desember 2011 ini dan SK Inpassing ini  diterbitkan oleh Kemnterian Agama pusat di Jakarta sehingga tahun 2012 nanti segala konsekwensi terhadap pelaksanaan inpassing ini akan berlaku. Inpassing ini berlaku untuk semua guru madrasah non PNS baik yang sudah sertifikasi maupun yang belum asalkan telah memenuhi persyaratan yang ada. Adapun syarat syaratnya adalah 1) Memiliki kualifikasi akademik minimal S-1 atau D-IV (syarat kualifikasi tdk berlaku bagi yang sudah lulus sertifikasi); 2).Guru tetap pada satuan pendidikan formal;  3).Masa kerja sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun secara terus menerus pada 1 (satu) satuan pendidikan pada tanggal 30 Desember 2007, dan masih aktif melaksanakan tugas sebagai guru sampai saat ini; 4).Usia setinggi-tingginya 59 tahun pada saat diusulkan. 5).Memiliki NUPTK yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. 6). Memiliki beban kerja minimal 24 jam tatap muka per minggu dengan ketentuan: minimal 6 jam tatap muka pada satminkal. 7).Melampirkan syarat-syarat administrative 8). Mengisi formulir pendaftaran.

Maka bersiap-siaplah anda jika telah memenuhi persyaratan diatas dan semua guru non PNS berharap tunjangan atau kesejhteraan guru honorer akan bisa lebih ditingkatkan sehingga kedepan guru non PNS kulitas dan kesejateraannya membaik

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: