Oleh: mtsbirrulrensing | 23 Maret 2011

BUDAYAKAN TAUBAT

Kaum muslimin-muslimat yang berbahagia

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmatNya sehingga hari ini kita masih bernafas dan diberikan  umur panjang. Amin

Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad,SAW, karena ajaran beliaulah kita bisaa memahami islam dan bisa membedakan yang hak dan yang bathil.

Kali ini kami persembahkan Kultum berjudul ” Budayakan Taubat

Kaum muslimin-muslimat yang berbahagia

Kita manusia adalah makhluk yang lemah. Lemah rohani dan jasmani. Dalam hidupnya manusia bergumul pada persoalan ataupun keinginan yang berbagai macam jenisnya. Dalam menghadapi semuanya itu sudah barang tentu manusia selalu berbuat keliru maupun khilaf sampai berbuat dosa baik kecil maupun dosa besar baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

Ketahuilah saudaraku bahwa para nabi dan rasul itu bebas dari dosa (ma’shum) tapi setiap hari mereka bertaubat ratusan kali misalnya Nabi Muhammad SAW dalam setiap hari senantiasa membaca istighfar paling kurang seratus kali. Seperti dalam haditsnya : “ Bertaubatlah kamu kepada Allah, saya bertaubat setiap hari 100 kali” ((H.R.Tirmidzi dari Abu Hurairah)

Sebagai orang islam tidak dibenarkan kita senantiasa menumpuk dosa baik itu kecil apalagi dosa besar. Meremehkan dosa kecil yang kita lakukan maka telah timbul dalam niat sesuatu yang durhaka kepada allah dan apabila hal itu dikerjakan terus menerus  itu berarti telah mendurhakai Allah.

Kaitan dengan ini Nabi SAW bersabda : “ janganlah kamu meremehkan dosa-dosa kecil, dari situlah berssemi cabang-cabang dosa besar”.

Untuk mencapai keselematan serta kebahagaian dunia lebih-lebih di akhirat kelak, maka segala kejahatan sekalipun kita anggap kecil haruslah kita hindari . Dan apabila kita telah melakukan dosa seharusnya kita segera memohon ampun atau tobat kepada Allah. Nabi Muhammad SAW bersabda “ Semua anak Adam (manusia) sering berbuat kesalahan, dan sebaik-baik mereka yang berbuat kesalahan itu, ialah orang yang suka taubat”. (H.R.Tirmidzi)

Kaum muslimin-muslimat yang berbahagia

Sebagai penutup semoga Allah senantiasa mengampuni dosa-dosa kita dan mudah-mudahan kita termasuk hamba yang suka mensucikan diri. Amin ya rabbal alamin.

Wallahul Muwaffiqu Walhadi Ilasabilirrasyad

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: