Oleh: mtsbirrulrensing | 24 Maret 2011

DANA BOS MI, MTS KEMENAG LOMBOK TIMUR SUDAH KELUAR

Mts BW, Kamis, 24 Maret 2011

Dana sebagai ruh dalam setiap pelaksanaan kegiatan, tanpa dana nyaris setiap kegiatan tidak bisa berjalan lancar. Begitu juga dengan Sekolah/Madrasah terutama untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs yang dana operasionalnya bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Meski tergolong lambat keluarnya untuk periode Januari – Maret 2011 ini sekolah/madrasah tetap melaksanakan kegiatan sekolahnya sesuai jadwal.

Padahal dibulan Januari hingga Maret 2011 ini banyak kegiatan besar di sekolah/madrasah yang sedang berlangsung misal saja Uji Coba UN hingga 2-3 kali, Ujian Akhir Madrasah Berstandar nasional (UAMBN) dan Ujian sekolah. Padatnya kegiatan di sekolah membutuhkan banyak dana meski demikian sekolah ada yang berinisiatif minjam dulu untuk membiayai kegiatannya tapi banyak juga yang tidak berani minjam dan pembiayaan kegiatan di tangguhkan hingga dana BOS keluar. Untuk SD/SMP Lombok Timur dana BOSnya dah beberapa minggu lalu keluar namun untuk Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah di lingkungan Kementerian Agama Lombok Timur dana BOS nya baru keluar sejak hari selasa 22 Maret kemarin.

Menurut pantauan Kamis (24/3) ini di BRI unit Sakra terlihat banyak  bendahara maupun kepala Madrasah antri mengecek rekening madrasah masing-masing ataupun mengambil langsung, ada yang sudah masuk ada juga yang belum. Dana Bos MI saya belum masuk ke rekening karena saldonya hanya masih Rp. 20.000, sehingga rekeningnya pasif” ungkap Hj. Nurul Jihat Kepala MI Birrul Walidain NW Rensing, Ia menambahkan untuk menghidupkan rekening maka harus di masukkan dulu 100-200 ribu rupiah agar rekeningnya aktif kembali.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lombok Timur H.Muhammaad Muhsan Haji M. Yunus,Lc mengeluarkan himbauan dan permakluman kepada kepala madrasah bahwa sebagai persyaratan dana Bos bulan Januari-Maret bisa keluar harus melengkapi 3 persyaratan diantaranya: 1. Membuat Rencana Penggunaan Uang (RPU) dana Bos Januari-Maret dan di tandatangani oleh Kepala madrasah, bendahara dan mengetahui TIM Bos kabupaten, 2. Menyerahkan foto copy buku rekening BOS termasuk sisa lembar saldonya, 3. Harus minimal saldo di rekening 100-200 ribu rupiah yang tersisa agar tetap aktif dan selanjutnya di pakai untuk pembayaran dana BOS periode berikutnya.

Sama seperti terlihat di bank BRI juga terlihat di Ruang Mapenda Kementerian Agama Lombok Timur Kamis,(24/4), Kepala maupun bendahara madrasah datang secara silih berganti untuk menyerahkan persyaratan yang diminta serta menandatangani RPU dan Slip penarikan di Kasi Mapenda selaku penanggung jawab Kabupaten BOS Madrasah. Tetapi tidak sedikit yang datang dari jauh hanya untuk mempertanyakan kenapa dana BOS belum masuk ke rekening.

Salah seorang bendahara Madrasah Tsanawiyah dari wilayah utara Lombok Timur yang ditanya (24/3) mengatakan bahwa kedatangannya ke Mapenda hanya ingin bertanya perihal belum masuknya dana BOS ke rekening madrasahnya. “ kami betul-betul butuh sekarang ini soalnya guru kami 3 bulan belum di gaji” tambahnya. (nr dien)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: